Sup Kaledo Kuliner Khas Palu

Sup Kaledo Kuliner Khas Palu

Sup Kaledo Kuliner Khas Palu – Kulineran ciri khas kota Palu memang sangat banyak dan tentunya memikat hasrat anda dan bagi pelancong.

Kecuali nikmati panorama yang cantik dan menarik, saat Anda sedang bertandang ke kota Palu karena itu Anda pun wajib buat mencicip makanan ciri khas dari kota ini.

Tekstur Daging Yang Empuk, Sup Kaledo Jadi Kuliner Khas Palu

Rekreasi kulineran di Indonesia memang tidak perlu disangsikan kembali keberagamannya. Tiap kota di Indonesia punyai kulineran dengan ciri-ciri uniknya tertentu.

Baca Juga: Kuliner Surabi Khas Bandung

Perihal ini pula yang membuat kulineran Indonesia makin bervariatif. Dari Sabang sampai Merauke, banyak kulineran nikmat yang pantas dicoba. Diantaranya, kulineran asal Kota Palu yang kesedapannya super mantul!

Bicarakan kulineran ciri khas Palu, rasanya kurang komplet kalau liburan ke Kota Palu belum nyobain kulineran ciri khas wilayah ini yang namanya Kaledo. Kulineran ini serupa dengan sup buntut. Perbedaannya, tulangnya berawal dari kaki lembu atau iga sapi ciri khas Donggala, komplet dihidangkan dengan bongkahan tulang sapi yang ada sumsum tulang yang berlimpah. Rasanya? Beuh! Tidak boleh ditanyakan, tentunya akan ngemanjain lidah siapa yang cobanya.

Kaledo sebagai ringkasan dari Kaki Lembu Donggala (Donggala ialah kabupaten yang bersebelahan langsung dengan Palu). Kaledo berawal dari Bahasa Kaili, yaitu bahasa warga Palu. Ka maknanya Keras dan Ledo maknanya Tidak. Maka dapat disimpulkan “tidak keras”.

Pada proses pembikinannya, daging lewat perebusan yang lumayan lama hingga struktur dagingnya dapat semakin empuk. Sementara kuahnya, dibuat dari kaldu sup biasa tanpa tambahan santan. Beberapa bahan untuk bumbu kuahnya tidak repot, kok, hanya gunakan garam, jeruk nipis, cabe fresh, dan kombinasi bawang goreng. Sluurpt! Mister jamin, saat menyesap kuahnya, kamu akan suka dan tidak dapat move on sama rasanya.

Salah satunya makanan yang penting Anda coba ialah sup kaledo. Apa sich sup kaledo itu ? Untuk Anda yang ingin tahu, karena itu Anda dapat memerhatikan penjelasannya di bawah ini.

Sepintas Berkenaan Sup Kaledo Yang Perlu Anda Kenali

Sama dalam wilayah lain di Indonesia, karena itu kota Palu juga simpan banyak makanan tradisionil yang mengunggah nafsu makan anda. Salah satunya kulineran yang harus Anda coba saat ada di kota Palu ialah sup kaledo. Makanan ini sebagai salah satunya tipe sup yang berisi tulang sapi yang digabung denagn asam dan cabe. Anda juga dapat dengan gampang mendapatiya di restaurant yang ada di kota Palu.

Saat bertandang ke Sulawesi tengah, khususnya kota Palu karena itu Anda juga akan gampang untuk mendapati sup kaledo ini. Bila Anda sebagai salah satunya pencinta masakan daging sapi atau kambing, karena itu sudah pasti Anda harus wajib buat coba sup kaledo saat sedang berekreasi ke kota Palu. Kaledo sendiri merupkan salah satunya sajian yang dibuat dari kaki sapi atau lembu, di mana memiliki kuah yang warna bening dan cukup kekuningan.

Biasanya, warga di kota Palu sering kali melahap sajian ini saat perayaan Idul Fitri atau Idul Adha saja. Sup kaledo ini akan berasa komplet bila dikonsumsi bersama dengas buras yaitu beras yang digabung denagn santan dan dibuntel dengan daun pisang yang selanjutnya direbus. Hingga nanti Anda segera dapat nikmati ke-2 sajian ciri khas Sulawesi itu.

Makanan Khas Kota Palu

Rasa dari sup kaledo itu akan sangat terasa spesial karena ada pemakaian asam jawa yang fresh. Hingga dengan asam jawa itu akan hasilkan cita-rasa yang nendang dan ada rasa asam pada kuahnya. Tidak itu saja saja, untuk lengkapi rasa dari sup kaledo ini, maka ditambah bumbu-bumbu pendamping ciri khas kota Palu yang akan menambah rasa renyah.

Disamping itu, untuk nikmati sup kaledo ini ada langkah yang unik untuk mengkonsumsinya. Bila umumnya Anda memakai sendok dan garpu untuk menikmatinya, karena itu saat Anda mengonsumsi sup kaledo ini Anda akan disiapkan sumpit. Sumpit itu bermanfaat untuk nikmati sumsum supaya Anda dapat menyesapnya sampai habis. Disamping itu, daging yang melekat dengan tulang itu akan berasa halus dan empuk saat dikunyah hingga bisa membuat Anda suka.

Kelebihan dari Sup Kaledo yang Berawal dari Palu

Bila bicara berkenaan kelebihan dari sajian satu ini ialah berada pada bumbu asam jawanya. Asam jawa yang digunakan untuk bikin sup kaledo ini sebagai asam jawa yang betul-betul masih terbilang muda. Karena itu, Anda juga dapat mendapatkan ekstrak asam, di mana kulit asam muda itu dilumatkan dengan dagingnya juga. Karena itu, bila Anda memakai asam yang sudah sedikit lebih tua, karena itu sudah pasti akan hasilkan rasa yang lain.

Asam yang telah tua itu umumnya akan hasilkan rasa yang manis dan sup kaledo itu akan warna sedikit kekuningan. Tidak itu saja saja, yang membuat rasa sup kaledo ini jadi lebih ciri khas ialah karena bumbu pendampingnya yaitu seperti bawang goreng ciri khas Palu yang mempunyai struktur gurih, tidak gampang benyek dan bertahan lama itu akan membuat rasa sup kaledo ini jadi benar-benar ciri khas.

Efek Mengkonsumsi Sup Kaledo

Disamping itu, karena ada sambal dan jeruknips sudah pasti akan menghidupkan nafsu makan anda. Untuk Anda yang menyenangi masakan pedas, karena itu Anda dapat menambah sambal yang awalnya sudah ditumbuk dengan kasar. Sedang untuk Anda yang sedikit menyenangi rasa asam fresh karena itu Anda juga bisa menambah perasan jeruk nipis untuk menambahkan nafsu makan anda.

Sup kaledo sendiri sebagai makanan yang dibuat dari tulang kaki lembu beserta dagingnya yang selanjutnya digabungkan dengan asam jawa mentah. Disamping itu, sup kaledo sendiri diolah plus tambahan cabai rawit, garam, dan jeruk nipis. Sesudah masak, baru Anda dapat nikmati sajian sup dengan kaki lembu yang mempunyai sedikit daging ini. Untuk Anda yang berasa sedikit pedas, karena itu Anda dapat menambah sambal cabai rawit untuk menambahkan rasa masakan anda.

Hal yang lain membuat makanan satu ini berasa spesial ialah langkah mengkonsumsinya. Daging yang melekat pada tulang sumsum itu sudah pasti akan membuat Anda tidak henti untuk mencicipinya. Rasa yang didatangkan oleh daging itu juga benar-benar sedap untuk dicicipi hingga sudah pasti akan mengunggah nafsu makan anda.

Resep Membuat Sup Kaledo

Beberapa bahan

Bahan :

  • 1 kg Sumsum iga Sapi
  • 2 biji Wortel (Opsional)
  • 2 tangkai Bawang Daun
  • Cabe rawit hijau sesuai dengan selera, lumatkan
  • Seperlunya Garam
  • Seperlunya Kaldu bubuk
  • 4 sdm Air Asam Jawa
  • Merica
  • Air

Untuk Anda yang ingin tahu dengan sajian ciri khas kota Palu itu, karena itu Anda juga sudah pasti harus cobanya. Sekarang ini, Anda tidak perlu untuk terbang jauh ke kota Palu, karena Anda juga dapat membuat sendiri di dalam rumah.

Langkah Pembuatan

Adapun beberapa bahan yang diperlukan ialah 750 g daging sandung lamur yang sudah dipotongi.

Seterusnya, Anda bisa juga mempersiapkan tulang kaki sapi yang sudah dipotong, 5 biji asam jawa mentah yang sudah dipotongi. Seterusnya persiapkan 15 cabai rawit hijau dan 2 ltr air, 2 sdm garam dan 3 sdm air jeruk nipis. Sesudah bahan sudah ada semua, baru Anda dapat mengawali tingkatan seterusnya untuk mengolah sajian satu ini.

Cara pertama kali yang perlu Anda kerjakan ialah rebus daging dan kaki sapi dengan api kecil sampai daging jadi empuk. Seterusnya Anda dapat memulai untuk masukkan beberapa bahan lainnya seperti garam, cabe rawit, dan asam jawa. Anda juga perlu untuk buang lemak-lemak daging sapi yang terapung itu. Ini karena supaya lemak pada air rebusan jadi menyusut hingga bisa membuat sup jadi rendah lemak.

Sesudah masak dan menyerap, karena itu Anda juga dapat menyuguhkannya dengan nasi hangat. Agar semakin menambahkan rasa masakan, karena itu Anda pun perlu menambah taburan bawang goreng yang gurih supaya rasa sup kaledo itu jadi lebih nikmat dan renyah. Disamping itu, Anda juga bisa juga menambah air jeruk nipis hingga membuat rasa sup kaledo suara jadi lebih fresh. Untuk Anda yang menyenangi rasa pedas, menambah sambal pada sup kaledo ini wajib buat dilaksanakan

Anda dapat mendapati makanan ciri khas Palu ini di sejumlah restaurant atau beberapa warung yang ada di kota Palu. Ini karena menu sop kaledo sebagai menu khusus yang banyak dihidangkan di kota Palu. Karena itu, untuk Anda yang liburan ke kota Palu, karena itu Anda juga dapat berusaha untuk konsumsi makanan satu ini. Ada lokasi-lokasi yang sediakan sajian ini ibarat rumah makan yang ada di jalan Diponergoro, sampai di rekreasi pantai Tumbaleka.