Seblak Khas Kuliner Bandung

Seblak Khas Kuliner Bandung

Seblak Khas Kuliner Bandung memang tidak pernah habis jadi omongan, selalu ada sesuatu hal hebat dan baru yang dari Kota Paris Van Java ini.

Sesudah dikenali sebagai trendsetter dari sisi mode dan mempunyai tujuan rekreasi yang cakep sekali, rupanya jajan ciri khas Bandung juga populer sampai ke semua Indonesia.

Seblak Khas Kuliner Bandung, Yang buat Ketagihan

Salah satunya jajan ciri khas Bandung yang trending sekian tahun ke belakang adalah seblak. Seblak sebagai olahan makanan yang dari krupuk yang digabung dengan beberapa bumbu lembut yang terbagi dalam bawang merah, bawang putih, kencur, garam, agar lebih oke ditambah lagi cabai rawit.

Baca Juga: Menggugah Selera Kulineran Ciamis

Beberapa bahan itu selanjutnya diulek sampai lembut, kemudian dimasak. Selanjutnya tambah air masukan krupuk yang telah dipendam air awalnya, ditambah lagi beberapa sayur. Bisa ditambah lagi makarani, baso, atau tulang ayam.

Artikel kesempatan ini akan mengulas komplet dan habis berkenaan asal-usul atau riwayat seblak, dan beberapa referensi tempat kulineran yang mendatangkan hidangan seblak.

Asal Muasal Seblak Khas Kuliner Bandung

Biasanya beberapa orang berasumsi jika seblak sebagai krupuk yang diproses demikian rupa dengan cita-rasa yang pedas. Tetapi sesungguhnya Seblak Khas Kuliner Bandung sebagai bumbu yang dibuat dari kencur atau dengan bahasa sunda disebutkan cikur.

Sebelumnya seblak sebagai salah satunya langkah manfaatkan tersisa krupuk yang tidak dimasak jadi makanan yang lebih nikmat. Selanjutnya ditambahkan bumbu lembut yang terbagi dalam kencur, bawang merah, bawang putih, dan garam.

Seblak sebelumnya cuman dipasarkan di tepi jalan dengan menu seadanya, tetapi sekarang ini seblak mulai memasuki sampai hingga di restaurant-restoran yang kekinian.

Variasinya mulai berbagai macam, ada seblak tulang, seblak bakso, seblak basreng, seblak kwetiau, dan ada banyak kembali variasi yang lain.

Makanan yang semacam dengan seblak salah satunya krupuk godog yang dari Sumpiuh, Banyumas, Jawa tengah. Krupuk Godog memiliki bahan landasan krupuk udang yang digodog atau direbus, hingga kenyal-kenyal seperti seblak. Yang telah ada semenjak tahun 1940-an.

Seterusnya adalah makanan alternative yang terbentuk di wilayah Cianjur yang sudah ada seak jaman kemerdekaan lalu. Makanan ini sebagai makanan alternative untuk warga dengan ekonomi kurang kuat.

Tempat Kulineran Seblak Di Bandung

Bila kamu ingin coba hidangan seblak di lokasi yang kece, berikut sejumlah referensi restaurant di Bandung yang sediakan menu seblak. Salah satunya yaitu:

  1. Seblak Mahda

Seblak Mahda ada di Jl. Bbk. H. Tamim Gg. Kretek I, Bandung. Posisi Seblak Mahda ada dalam gang antara beberapa rumah masyarakat.

Toping yang berada di Seblak Mahda terbagi dalam bermacam tipe krupuk dan ditambah lagi tulang, makaroni, baso, sosis dan yang lain. Harga yang dijajakan sejumlah Rp. 15.000 sampai di atas Rp. 30.000 bergantung pada toping yang kamu harapkan.

Seblak yang ini terhitung salah satunya seblak paling enak yang berada di Bandung, dengan mempunyai jenjang pedas mulai tingkat satu sampai tingkat sepuluh.

  1. Seblak Syahrini

Makanan Seblak yang ini namanya Seblak Syahrini, tetapi yang berjualan bukan aktris Indonesia Syahrini ya. Namun Bu Yuyun si pemilik warung memberikan nama Syahrini karena beliau salah satunya penggemar berat dari Syahrini.

Seblak Syahrini telah berdiri semenjak 11 tahun lalu, dahulunya namanya Seblak Wow selanjutnya seputar 6 tahun lalu bertukar nama jadi saat ini.

Harga yang dijajakan di Seblak Syahrini ini benar-benar dapat dijangkau, dimulai dari Rp. 10.000 per jatah sampai Rp. 26.000 per jatah, harga itu bergantung pada toping yang kamu harapkan.

Seblak Syahrini berada di Jl. Pasundan No. 120, Pungkur, Kecamatan Regol, Bandung. Tiap hari Selasa tutup dan membuka kecuali hari itu mulai Jam 11.00 s/d jam 21.00 malam.

  1. Seblak Basah Deu’ Tjenghar

Buat kamu yang tinggal di wilayah Cibiru tentunya kenal kembali dengar Seblak Deu’ Tjenghar, karena posisinya berada di Jl. Pandanwangi No.45, Perum Permata Biru Blok. A. Untuk Seblak Deu’ Tjenghar yang di Antapani telah tutup tetap ya.

Toping Seblak Deu’ Tjenghar banyak, harga yang dijajakan dimulai dari Rp. 12.000 sampai Rp. 20.000 per jatahnya. Membuka tiap hari start pukul 09.00 sampai jam 7 malam.

  1. Seblak Jebred

Ingin nikmati seblak dengan yang lain? Hadirlah ke Seblak Premium yang berada di Jl. Buah Batu No. 163, Bandung. Membuka Tiap hari start pukul 12 siang sampai jam 10 malam.

Tempat Seblak Jebred ini cocok sekali untuk kongkow sekalian bercengkrama dengan teman atau pasangan. Ucapnya Seblak Jebred sebagai seblak premuim pertama kali yang berada di Bandung.

Tidak cuma tempatnya yang nikmat, kuah seblaknya juga berlainan dari seblak biasanya. Harga yang mencoba dijajakan di Seblak Jebred per toping, dengan range harga Rp. 3.000 sampai Rp. 6.000.

Idenya seperti sebuah kafe di mana kamu bisa sekedar duduk rileks sekalian nikmati makanan yang kamu pesan. Di sini ada Free Wifi dan sarana pengisi daya Ponsel loh.

  1. Seblak Sultan

Seblak Sultan telah mempunyai 3 cabang yang menyebar di Kota Bandung. Menu yang dijajakan Seblak Sultan banyak salah satunya ada Seblak Ceker, Seblak Tulang, Seblak Kikil, Seblak Sayur, Seblak Batagor, dan yang lain.

Jenjang pedas yang berada di Seblak Sultan terbagi dalam tingkat satu sampai tingkat lima. Harga yang dijajakan bergantung pada toping yang kamu harapkan, untuk paket lengkap sejumlah Rp. 18.000 per jatahnya.

Seblak Sultan yang terpopuler ada di Jl. Sultan Agung No. 10, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung. Beroprasi tiap hari start pukul 11.00 s/d jam 18.00 wib. Sedang Seblak Sultan yang lain ada di Jl. Sultan Tirtayasa No. 27 Citarum, Bandung.

  1. Seblak Cobek Teh Ida

Posisinya ada dalam gang antara beberapa rumah masyarakat, tetapi untuk mendapati warungnya tidak demikian susah. Karena kecuali ada papan panduan, masyarakat seputar akan mengarahkanmu ke arah posisi.

Toping untuk seblaknya banyak, dimulai dari sayur, bermacam mie, cireng, basreng dan ada banyak kembali. Sebagai keunikan dari seblak yang ini adalah proses pengadukan semua toping itu dilaksanakan dalam suatu cobek.

Ada dua variasi rasa dari seblak cobek ini, yaitu rasa manis dan rasa renyah. Harga satu porsi seblak cobek benar-benar murah, yaitu cuman Rp. 15.000 saja per jatahnya. Seblak Cobek Teh Ida tutup tiap hari Senin.

  1. Seblak Janda

Kuliner Seblak yang ini namanya Seblak Janda, kata Janda sebagai akronim dari kata Jajan Sunda. Seblak Janda berada di Jl. A.H. Nasution, Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Bandung. Posisinya ada di tepi jalan, mulai membuka pada jam 12.00 sampai jam 23.00 wib.

Seblak Janda mulai bekerja seputar tahun 2017, toping yang ada ada seputar 40 jenis salah satunya bermacam tipe krupuk, makaroni, sosis, baso, dan ada banyak kembali.

Pemberian nama tingkatnya juga benar-benar unik yaitu mulai dari tingkat serasi, pisang tempat tidur, cerai 1, cerai 2 sampai paling pedas yaitu cerai 3.

Harga yang dijajakan murah sekali dimulai dari Rp. 10.000 per jatah sampai Rp. 20.000 saja. Kecuali seblak kamu dapat coba variasi yang lain seperti cibay goreng, suki janda, spageti tulang, mie tulang dan bakso.

  1. Seblak Bunda

Posisi Seblak Bunda ada dalam gang perkampungan masyarakat, untuk mendapatinya kamu bisa menanyakan pada masyarakat seputar. Persisnya ada di Jl. H. Kurdi II No. 4 , Karasak, Kecamatan Astanaanyar, Bandung.

Walau ada di tengah-tengah perkampungan masyarakat Seblak Bunda selalu ramai didatangi beberapa pencinta seblak. Tempat kulineran yang ini membuka awal hari Senin sampai Sabtu, sedang untuk hari Minggu tutup. Start pukul 9 pagi s/d jam 4 sore.

Seblak Bunda telah berdiri semenjak tahun 2007, dan digadangkan jadi perintis seblak yang di Bandung. Perporsinya dipandang Rp. 10.000 saja dengan berisi 4 toping, sedang untuk paket komplet sejumlah Rp. 20.000.

  1. Seblak Oces

Seblak Oces sebagai seblak kuah pertama kali yang berada di Bandung, yaitu semenjak tahun 2012. Berada di Jl. Purnawarman No. 22 Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur, Bandung. Persisnya ada di muka Alfamart Purnawarman.

Jam Operasional Seblak Oces dibuka tiap hari start pukul 10.00 hingg jam 18.45 petang. Harga yang dijajakan dimulai dari Rp. 10.000 sampai Rp 15.000 per jatahnya bergantung pada toping yang kamu harapkan.

Begitu beberapa tempat recomended buat kamu yang ingin nikmati seblak Bandung yang mengunggah hasrat. Semua memiliki keunikan masing-masing serta tentunya nikmat sekali.