Perpaduan Kuliner Mie Aceh

Perpaduan Kuliner Mie Aceh

Tiap wilayah di Indonesia mempunyai makanan uniknya masing-masing, dikenali mempunyai wewangian rempah Perpaduan Kuliner Mie Aceh.

Kesempatan ini aku akan mengulas berkenaan salah satunya makanan ciri khas dari Pulau Sumatera, terutamanya Aceh.

Dengan Rasa Yang Menggugah Selera Perpaduan Kuliner Mie Aceh

Salah satunya kulineran dari Aceh yang mempunyai banyak fans ialah Mie Aceh. Tidak hanya di Acehnya sendiri, Mie Aceh juga banyak dipasarkan di beberapa kota lain.

Tetapi tahukah kamu jika rupanya membuat Mie Aceh tidak sulit lho, gaes. Dan berbahan juga gampang didapatkan. Kamu dapat nikmati Mie Aceh bikinan kamu sendiri dengan coba resep di bawah ini.

Inilah resep Mie Aceh yang dikutip brilio.net dari resepkoki.co, yang ditanggung membuat kamu suka, Rabu (25/5).

Bahan intinya:

  • 500 g mie kuning basah
  • 1 ekor kepiting
  • 1/4 kg udang
  • 750 ml air kaldu
  • 150 g daging sapi, potong dadu
  • 4 biji bawang putih, diiris-iris tipis
  • 4 butir bawang merah, diiris-iris tipis
  • 1 biji tomat, dipotongi
  • 1 tangkai daun bawang atau seledri, diiris-iris tipis
  • 50 gr tauge, membersihkan
  • 50 gr kubis atau kol, diiris-iris tipis
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 helai daun salam
  • Margarin

Bumbu lembut:

  • 6 butir bawang merah
  • 5 biji bawang putih
  • 2 biji cabe merah besar, dibuang biji
  • 1 butir kapulaga
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Garam seperlunya

Bahan pendamping:

  • Acar ketimun
  • Bawang goreng

Langkah membuat:

  1. Persiapkan margarin untuk mengoseng, oseng bawang merah, bawang putih, dan bumbu lembut sampai wangi.
  2. Tambahkan daging sapi, aduk dan masak sampai daging berbeda warna.
  3. Tambah udang, kepiting, dan air kaldu lalu aduk sampai rata.
  4. Tambahkan daun bawang, garam, daun salam dan merica bubuk.
  5. Masak sampai daging, kepiting dan udang masak.
  6. Bila air telah menyusut dan daging telah lunak, kecilkan api.
  7. Masukan kubis, tomat dan tauge, lalu tambah mie dan kecap manis.
  8. Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata dan masak. Angkat dan suguhkan.

Namanya adalah Mie Aceh, hidangan makanan yang ini berbentuk mie kuning sama ukuran cukup yang lumayan besar dihidangkan dengan kuah sup kari yang cukup pedas, bisa ditambahkan toping daging kambing, daging sapi, udang atau cumi.

Asal Muasal Mie Aceh

Mie yang ini dinamakan Mie Aceh, karena berawal dari Aceh beberapa orang ada yang mengatakan dengan mie kuning atau mie tepung.

Tidak ada narasi sah yang menerangkan bagaimana mie ini dapat terbentuk, tetapi menurut sejumlah sumber Mie Aceh sebagai kombinasi dari beberapa kebudayaan.

Yaitu kuah kari yang kental sebagai keunikan dari India, untuk mie nya sendiri dipungut dari China. Sedang persamaan daging sapi dan kambing memperlihatkan elemen Islam yang paling kuat di Aceh.

Tiap perayaan Meugang untuk menyongsong Bulan Suci Ramadhan atau Idul Fitri atau Idul Adha Aceh selalu banyak stock daging yang ada.

Sedang pemberian toping udang atau cumi, karena daerah Aceh ada dikitari oleh Selat Malaka, Laut Andaman dan Samudera Hindia hingga penduduknya banyak yang profesinya sebagai nelayan, pedagang ada pula yang sebagai petani.

Lepas dari hal itu, satu yang jelas saat mie aceh telah menyebar ke semua Indonesia, bahkan juga telah berkunjung ke benua yang lain.

Variasi Perpaduan Kuliner Mie Aceh

Mie Aceh mempunyai 3 tipe penyuguhan, yaitu:

  1. Mie Aceh Goreng

Tidaklah aneh memang jika rumah makan ciri khas Aceh makin tumbuh subur di beberapa kota besar di Indonesia. Kecuali menunya yang bermacam dan sedap, masakan Aceh memang pas dicicipi sekalian santai dan bercengkerama.

Jadi tidak bingung jika restaurant-restoran ciri khas Aceh memang mengakomodiri situasi yang nyaman untuk lama-lama. Kecuali kursi-kursi rendah yang rileks untuk nikmati udara sore yang sejuk, banyak panganan yang dapat dipisah untuk bersama.

  1. Mie Aceh Oseng Atau Basah

Variasi mie yang ini rasanya seperti mie nyemek, di mana Mie Aceh oseng dimasak seperti Mie Aceh goreng, tetapi dikasih sedikit kuah agar bumbunya menyerap sampai ke mie nya. Selanjutnya mie itu akan ditumis sampai airnya tersisa sedikit.

Mie Aceh tipe ini terbanyak dicintai beberapa pencinta Mie Aceh, karena bumbunya lebih menyerap ke hingga membuat rasanya lebih nikmat. Apa lagi bila digabung dengan potongan bawang merah dan cabai rawit ditambah lagi segarnya perasan jeruk nipis. Waah nikmat sekali rasanya.

  1. Mie Aceh Kuah Atau Rebus

Sesuai namanya Mie Aceh kuah akan dikasih kuah yang lumayan banyak, hingga kamu bisa nikmati kentalnya kuah kari yang lezat.

Tempat Makan Perpaduan Kuliner Mie Aceh Yang Nikmat di Aceh

Bila kamu bertandang ke Aceh, luangkan untuk nikmati hidangan Mie Aceh di sejumlah tempat berikut:

  1. Mie Razali

Tidak komplet perjalananmu di Aceh bila tidak makan di Mie Razali, posisinya ada di Jl. T. Panglima Polem No. 63, Peunayong, Banda Aceh. Tempat makan yang ini telah berdiri semenjak 1967.

Banyak menu yang dijajakan seperti bermacam mie aceh biasa sampai mie aceh khusus yang dikasih toping udang, kepiting dan yang lain.

Warung Mie Razali membuka start pukul 10.00 s/d jam 24.00 malam, sedang untuk hari Jum’at dibuka jam 14.00 dan tutup pada jam 23.00 malam.

  1. Mie Midi Peuniti

Mie Aceh Midi Peuniti mempunyai keunikan kuahnya yang terlihat kecoklat-coklatan dan kelihatan benar-benar kental. Posisinya ada di Jl. Teuku Cik Ditiro Peuniti, Banda Aceh. Membuka start pukul 10 pagi sampai jam 12 malam, sedang untuk hari Minggu membuka lebih cepat yaitu start pukul 09 pagi.

  1. Mie Ayah Lhong Raya

Warung Mie Aceh yang ini yang satu telah berdiri semenjak tahun 1994 dan selalu ramai sampai sekarang ini.

Warung Mia Ayah Lhong Raya membuka tiap hari Senin sampai Sabtu start pukul 10.00 sampai jam 00.00 malam, sedang untuk hari Minggu tutup.

Rujukan Warung Mie Aceh Di Ibu Kota

Tetapi sekarang ini telah menyebar kedai-kedai mie aceh di beberapa wilayah di Indonesia, misalkan saja di Jakarta. Berikut sejumlah rujukan warung Mie Aceh yang berada di Jakarta, yaitu:

  1. Mie Aceh Bang Jali

Berada di Jl. Tanah Kusir No 1A, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Harga yang dijajakan di antara Rp. 20.000 sampai Rp. 40.000 per jatahnya, bergantung pada toping mie yang diharapkan.

  1. Mie Aceh Selawah

Berada di Jl. Margonda Raya 338, Teritori Pasar Raya Manggarai, lantai Lantai dasar. Warung mie yang ini ada pula di teritori Bendungan Hulu Raya.

  1. Mie Aceh Bang Ijal

Warung mie yang ini membuka start pukul 08.00 sampai jam 23.00. Beralamat di Jl. Asem Baris, No. 07, Tebet, Kebon Baru, Jakarta Selatan. Harga yang dijajakan benar-benar murah yaitu di antara Rp. 10.000 sampai Rp. 25.000 per jatahnya.

Yang paling spesial dari Mie Aceh Bang Ijal adalah menu Mie Aceh dengan Nasi Goreng Acehnya, yang masaknya juga langsung berawal dari Aceh loh. Jadi bisa ditegaskan rasanya tentu ajib sekali.

  1. Mie Aceh Lamlo

Ada di Jl. Waspada Raya No. 2, Pejaten Barat, pasar Minggu, Jakarta Selatan. Persisnya ada di muka Rumah Sakit Waspada Raya. Mie Aceh Lamlo memang tidak sepopuler kedai-kedai mie aceh lainnya, tetapi cita-rasa yang dipunyai nendang sekali dan harus kamu coba. Cabangnya juga telah menyebar dimana saja.

  1. Mie Aceh Jaly Jaly

Warung mie Aceh yang ini telah ada dimana saja. Salah satunya tempatnya ada di Jl. Prof. DR. Soepomo No. 48, Tebet Barat, Jakarta Selatan. Yang membuka tiap hari start pukul 10.00 sampai jam 12 malam.

Hidangan makanan Indonesia memang mengunggah hasrat, khusus untuk Mie Aceh rasanya yang pekat membuat memelekat di lidah dan maunya pengin makan dan makan kembali.

Mudah-mudahan beberapa rujukan tempat makan Mie Aceh di atas bisa mempermudah kamu nikmati makanan ciri khas dari tanah rencong itu.

Untuk berbagai informasi seputar aneka menu masakan lainnyabisa langsung kunjungi situs https://anekamenu-masakan.com